Sunday, January 25, 2015

Late Post: Upacara Menanam Pokok

Sumber: Gurindam12.co
http://gurindam12.co/2011/03/01/upacara-menanam-pokok/

Published on March 1st, 2011 | by Tim Redaksi

Kuala Selangor | Gurindam12.co -  Bersempena dengan Peringatan Hari Tanah Lembap Sedunia 2011 (World Wetlands Day 2011 Celebration) yang ke 40, Jabatan Perhutanan Negeri Selangor Malaysia (Selangor Forestry Department), Exco Pelancongan Hal Ehwal Pengguna dan Alam Sekitar Negeri Selangor bekerja sama dengan Global Environment Centre (GEC) melakukan penananam pokok (penghijaun) di Hutan Simpan Raja Musa (Raja Musa Forest Reserve) Negeri Kuala Selangor Malaysia pada Sabtu (26/02) yang lalu.

World wetlands days celebration sebenarnya diperingati pada 2 Februari pada setiap tahunnya, namun kegiatan peringatan yang ditandai dengan penghijauan sebanyak 800 pohon yang terdiri dari jenis mahang dan tengkek burung dilakukan pada sabtu (26/02) karena juga merupakan salah satu rangkaian acara dari kegiatan Training Programme on Peatland and Assessment Management Training on Trainers (TOT) yang diselenggarakan oleh ASEAN Peatland Forest Programme (APFP), SEApeat Project, Global Environment Centre (GEC), Selangor Department Forestry dan didukung oleh European Union (EU) Commission yang dihadiri oleh beberapa negera seperti Indonesia, Malaysia, Brunei, Lao PDR, Vietnam, Cambodia, Thailand, Singapura, Myanmar dan Filipina yang dilaksanakan pada 22-26 February 2011 di Hotel De Palma Kuala Selangor.
Hadir dalam kegiatan penghijauan ini delegasi dari Indonesia berjumlah 5 orang yang terdiri dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Republik Indonesia, Bpk Huda Achsani mengatakan kegiatan seperti ini sangat baik karena dapat menggugah kesadaran banyak orang terhadap pentingnya menjaga lingkungan. Selain itu Bpk Alue Dohong yang menjadi perwakilan Wetlands International Indonesia Programme juga mempunyai pandangan yang sama dan beliau juga berharap apa yang saya tanam di sini (Malaysia) dapat menjadi sebuah arti penting dengan harapan semoga pokok yang saya tanam dapat bertahan dan berkembang dengan baik. Selain itu hadir juga perwakilan dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Propinsi Riau, Bpk Ali Teddy dan Yayasan Mitra Insani Riau, Zainuri hasyim dan Hisam Setiawan yang turut serta dalam acara penghijauan tersebut.
Kegiatan penghijauan ini dibuka secara resmi oleh Elizabeth Wong yang juga merupakan Exco Pelancongan Negeri Selangor yang dalam kata sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh participant yang turut serta dalam kegiatan penanaman pokok ini. Penghijauan ini melibatkan 300 orang yang berasal dari beragam organisasi. Selain peserta TOT yang dilaksanakan oleh APFP turut serta juga murid sekolah, mahasiswa, NGO, perusahaan dan pegawai pemerintahan serta dari lembaga Eco Warriors Malaysia yang fokus terhadap kegiatan penghijuan.
- See more at: http://gurindam12.co/2011/03/01/upacara-menanam-pokok/#sthash.kGflFdv3.dpuf

No comments:

Short Interview with a Tourist from Australia on Pulau Padar NTT

On 7th July 2022 I visited Pulau Padar (Padar Island), one of the Islands in the Komodo National Park in Nusa Tenggara Timur Province. Pulau...